Senin, 21 Maret 2011

SEKILAS TENTANG MIDU TAPEN

Awalnya hanya sebuah komunitas kecil bagi anak untuk belajar mengaji al-Qur’an yang diselipi dengan ketauhidan dan budi pekerti kepada anak-anak usia sekolah yang tidak pernah mengenyam pendidikan formal dengan sistem sorogan yang diajarkan oleh para kiai yang bertempat di rumah-rumah penduduk dan musholla. Lambat laun santri semakin banyak sementara tempat tidak mampu lagi menampung mereka, sehingga terketuklah hati para tokoh agama, masyarakat dan perangkat desa Tapen untuk mendirikan sebuah bangunan (lokal)  guna belajar para santri. Maka sekitar tahun 1950 berdirilah sebuah lokal yang kemudian diberi nama M.I.NU (Madrasah Ibtidaiyah Nahdlotul Ulama). Para tokoh pendirinya anatara lain : Kiai Umar (alm), kiai Sohib (alm), kiai Haji Sueb (alm), H. Fanani dll.
Pada perjalanan selanjutnya lokal itupun tidak sanggup lagi menampung jumlah santri yang bertambah banyak. Pada tahun 1956 para tokoh masyarakat, agama dan perangkat desa bermusyawarah yang kemudian sepakat mendirikan bangunan sekolah di atas tanah wakaf  K. Rahmat (Makamnya saat ini berada di sebelah utara komplek masjid Al-Ishlah Tapen,) dengan luas kurang lebih 2.236 m2. Kiai dan para ustadz yang mumpuni dan disegani adalah salah satu kunci pesatnya perkembangan di MI ini, apalagi dengan masuknya bendera NU, maka sekolah ini semakin mendapat respon di wilayah Kecamatan Kudu bahkan sampai ke wilayah kecamatan lain.
Kini, madrasah yang berlokasi di Jalan Raya Tapen No. 139 Tapen Kudu Jombang  ini terus berbenah dalam metode pembinaan terhadap peserta didik. Siswa semakin betah dan nyaman dalam menerima materi ajar karena penyampaian materi ajar yang begitu inovatif dan memadai dari para tenaga pendidiknya.
Kegiatan ekstrakulikuler drumband, qosidah modern, musik, pidato, pramuka, beladiri, komputer, bahasa dll merupakan komponen penting yang sangat dipahami betul kebutuhannya oleh MI Darul Ulum Tapen Kudu Jombang  demi mewujudkan generasi yang handal.

4 komentar:

  1. Ass. Kunjungan sebagai silaturrahim anak bangsa... :D

    BalasHapus
  2. smoga alumni mi duta bs berguna bagi bangsa,negara dan agama.amiiin

    BalasHapus
  3. Amiin ...
    Baru tau ada web ini pak ..

    BalasHapus
  4. Amiin ...
    Baru tau ada web ini pak ..

    BalasHapus